Kumpulan Menu Makanan Penderita Stroke Ringan Yang Sehat

Advertisement

Pada artikel sebelumnya admin strokeringan.net telah memberikan informasi seputar cara mencegah stroke ringan, dan pada kesempatan kali ini akan memberikan info tentang menu makanan penderita stroke ringan yang paling sehat untuk dikonsumsi. Untuk itu dengan hadirnya artikel ini sebagai pengingat bahwa tidak semua jenis menu makanan dapat dikonsumsi oleh penderita stroke ringan karena dapat memperparah penyakit yang sedang diderita.

Menu Makanan Penderita Stroke Ringan

Menu Makanan Penderita Stroke Ringan

Menu Makanan Penderita Stroke Ringan

Penderita stroke sering memiliki beberapa penyebab, termasuk makan secara berlebihan, terutama makan terlalu banyak makanan kaya gula, lemak, protein atau garam. Namun, ada juga kasus karena makan terlalu sedikit makanan lemak, protein, vitamin dan kekurangan mineral dalam tubuh menyebabkan komplikasi. Oleh karena itu, diet yang wajar sangat penting untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Menu berikut sangat diperlukan untuk pasien stroke.

  • Permintaan untuk nitrogen (protein)

    Harus tetap pada 0,8 g / kg berat badan / hari. Harus memilih makanan rendah kolesterol dan protein tanaman (kacang-kacangan, kedelai, tofu). Selain itu protein hewani (ikan laut, ikan sungai, susu, daging tanpa lemak). Jika pasien disertai dengan gagal ginjal, asupan protein harus dikurangi 0,4-0,6 g / kg berat badan / hari.

  • Permintaan lemak :

    Harus tetap pada 25 – 30 g lemak / hari, yang 1/3 adalah 2/3 dari lemak hewan dan lemak nabati seperti wijen, kacang tanah. Selain itu, asam lemak dalam minyak nabati memiliki potensi untuk mengurangi risiko stroke, terutama karena pembekuan darah di pembuluh darah otak.

  • Kebutuhan vitamin dan mineral:

    Ada di buah matang, sayuran, susu. Mereka mengandung kalium, efek diuretik, menurunkan tekanan darah pada pasien dan terhadap asidosis tubuh. Rata-rata pisang memiliki 400 mg kalium, setara dengan satu gelas jus jeruk atau kentang panggang. Konsumen kurang dari 1.500 mg potasium / hari memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke sebesar 28% dibandingkan dengan konsumen 2.300mg / hari.

Selain itu, asam folat diperlukan untuk tubuh efektif terhadap aterosklerosis, menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen minimal 300mcg asam folat per hari akan mengurangi 20 risiko% dari stroke dan penyakit jantung risiko dengan 13% dibandingkan dengan pengguna di bawah 136mcg / hari. Asam folat ditemukan dalam jeruk, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, beras, pasta dan produk sereal. Hati juga mengandung asam ini.

Pembangunan diet yang wajar untuk penderita stroke harus mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  • Makanan harus mudah dicerna, menyerap dan dalam bentuk lunak atau cair seperti sup, bubur, susu. Hindari makanan fermentasi, iritasi seperti pedas, panas, anggur, teh, kopi.
  • Diet untuk mengurangi garam dan air, sehingga pasien tidak mengeluarkan lebih banyak garam dan air karena hematoma di edema vena, fungsi ginjal yang buruk. Jika pasien gagal jantung, jumlah air disuntikkan ke dalam tubuh tergantung pada jumlah urin diekskresikan dalam 24 jam. Batasi garam di 4-5g / hari untuk mengurangi pembengkakan, membantu ginjal mengekskresikan zat diekskresikan oleh protein metabolisme, lemak, pati, gula. Hindari makanan olahan tinggi garam, seperti melon, tomat, garam, roti, daging, sosis .
  • Energi dalam diet harus dikurangi untuk menghindari kenaikan berat badan, penurunan aktivitas untuk sistem pencernaan dan peredaran darah. Jumlah itu termasuk dalam tubuh harus berhenti di 30-35 kilokalori / kg berat badan / hari. sumber energi harus datang dari sayuran, kentang, kacang-kacangan, beras, pasta, mie, bihun.

Selain itu, penderita stroke harus:

  • Menjaga olahraga ringan.
  • Berhenti merokok karena ini adalah faktor utama yang menyebabkan penyakit serebrovaskular. Perokok bisa lebih Stroke bahkan di usia pertengahan.
  • Mengobati tekanan darah tinggi dengan baik – penyebab utama stroke.
  • Pencegahan dan pengobatan diabetes karena penyebab plak arteri utama, pembekuan darah dalam arteri, menyebabkan iskemia otak.

Jadi itulah menu makanan untuk penderita stroke ringan yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat. Jika berkenan mohon di share.

Advertisement
Kumpulan Menu Makanan Penderita Stroke Ringan Yang Sehat | strokeringan | 4.5